Serginho Van Dijk Merupakan Pemain Pertama Naturalisasi!!

Setelah sekian lama wacana naturalisasi berkembang di pesepakbolaan dalam negeri, akhirnya PSSI berniat menggunakan pemain naturalisasi untuk membela panji Timnas Indonesia. Kemarin (20/7/2010) PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN) resmi memperkenalkan pemain keturunan Ambon yang dinaturalisasi dari Belanda, Serginho Van Dijk. 

Sergio van Dijk - Adelaide United FC (Getty Images)
“BTN dan PSSI mengajak saya bermain di timnas. Mereka sudah berbicara dan saya sangat tertarik, namun saya harus berpikir keras, pasalnya ini merupakan keputusan besar. Jika saya menerima, konsekuensinya tidak bisa pindah lagi ke Belanda. Sedangkan istri dan keluarga saya warga Belanda” kata Sergio dalam jumpa pers, di Hotel Sultan, Ruang Asean V, Jakarta, Selasa (20/7).

Dalam peraturan FIFA soal naturalisasi pemain mempunyai tiga syarat, antara lain; pemain yang bersangkutan harus punya darah keturunan (silsilah) dari kakek atau nenek, memiliki garis keturunan dari bapak dan ibunya, dan sudah menetap di negara yang akan dibelanya setidaknya lebih dari 5 tahun.


Sergio (panggilan akrab Van Dijk) yang bermain bersama Brisbane Roar dan menjadi Topskor A-League Australia selama dua musim berturut-turut memenuhi syarat pertama. Menurut saia menggunakan pemain naturalisasi tidaklah "haram". Jika melihat kekuatan negara-negara yang bermain di Piala Dunia kemarin, banyak tim yang menggunakan cara naturalisasi ini. Sebut saja Jerman yang hampir lebih dari 5 pemain Jerman kemarin di Piala Dunia merupakan hasil naturalisasi.

Rencananya PSSI dan BTN akan terus mencari pemain keturunan Indonesia lain yang bermain di Liga-liga Eropa, terutama Liga Belanda yang merupakan Negara yang pernah menjajah Indonesia dengan kata lain pasti ada pemain yang punya keturunan darah Indonesia. Apapun itu saia setuju langkah apapun yang diambil PSSI kalau itu bisa memajukan pesepakbolaan di Indonesia. Bravo Indonesia!!

2 komentar:

  1. aq kut kopy paste ya mas... hehe

    kalo aq c g stuju mas,
    g malu pnya rakyat ratusan juta tp nyari dr negeri orang?

    http://ari-febriant.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. @Febriant
    buat apa malu, toh sekelas negara yang kuat sejarah sepakbolanya pun gak malu punya pemain naturalisasi :)

    oh iya silahkan mau copas, tp minta sumbernya di link ke sini ya :)
    thanks for share..

    ReplyDelete

free counters