Setelah Van Dijk, Dapatkah Radja Nainggolan dkk. Menyusul??

Sebenarnya ada ratusan lebih pemain keturunan Indonesia yang menimba ilmu sepakbola di luar negeri. Sebut saja pemain-pemain sekaliber dunia, seperti Kapten Belanda pada Piala Dunia 2010 Giovanni Van Bronckhorst, atau pemain Arsenal Robin Van Persie, ada juga Johny Heitinga, Danny Landzaat, Demy De Zeeuw, dan masih banyak yang lain. Tapi sayangnya mereka memilih untuk tidak bermain untuk Indonesia. Tapi dari sekian banyak nama yang belum terkenal, ada beberapa nama yang layak diperjuangkan oleh PSSI untuk dapat menggaet mereka agar dapat berseragam merah putih. Radja Nainggolan adalah salah satu andalan saia yang sangat saia idam-idamkan dapat berkostum merah putih Indonesia.

Berikut adalah para pemain keturunan Indonesia yang masih mungkin membela Timnas::

1. Donovan Partosoebroto. 

Donovan Partosoebroto - Ajax 
Amsterdam FC - donovan partosoebroto ajax

Pemain berusia 19 tahun ini kini membela tim Ajax junior.Ayahnya merupakan orang Indonesia yang beristrikan warga negara Belanda. Donovan mempunyai kembaran yang juga seorang pemain bola, namanya Vincent Partosubroto. Vincent adalah seorang penyerang, dia bermain di Klub FC Hoofdorp

2. Michael Timisela
Pemain ini merupakan pemaian muda berbakat yang dimiliki tim Ajax Amsterdam. Di usianya yang memasuki 20 tahun, pemain kelahiran Paramaribo, Suriname ini telah menembus masuk ke tim utama Ajax.

3. Christian Supusepa









Pemain ini sama dengan Michael Timisela, muda dan bermain untuk Ajax Amsterdam Junior.









4. Raymond Soeroredjo 







Pemain kelahiran Oss, yang saat ini bermain untuk Vittesse Junior.






5. Estefan Pattinasarany.






Pemain ini baru berusia 19 tahun dan kini masih memperkuat AZ Alkmaar Junior.



6. David Ririhena


Bek ataupun gelandang kiri mampu dijalani oleh pemain yang kini memperkuat TOP Oss di divisi satu Liga Belanda.






7. Joas Siahaija



Gelandang tengah kelahiran Maastricht 22 tahun yang lalu ini kini memperkuat kota kelahirannya, MVV.


8. Tobias Waisapy.


Pemain berusia 19 tahun ini kini memperkuat tim Feyenord Junior.

9.  Yoram Pesulima.


Bek kiri kelahiran 9 Maret 1990 ini kini memperkuat tim Vitesse Junior.




10. Irfan Bachdim


Punya passpor Indonesia Irfan besar di Belanda, dia keturunan Jawa - Belanda. Sejak kecil sudah dituntun untuk menjadi pemain bola proffesional oleh kedua orang tuanya. Sewaktu kecil sempat bermain di PSV Eindhoven junior, namun perkembangan anak muda yang kini berusia 21 tahun ini dinilai stagnan sehingga dipecat dari PSV. untung FC Utrecht langsung menggaetnya sampai sekarang. Posisinya Gelandang Serang, dan kelebihannya adalah tendangan bebas.Saat ini ia bermain untuk Haarlem. Ia merupakan asset besar yang harus dipertahankan Indonesia.


11. Irvin Musseng


Kelahiran makassar Ini yang paling sensasional. baru berusia 13 tahun. Setelah menjadi Top Scorer pada piala dunia danone U-13 pemandu bakat Ajax mencium bakat pemain ini. Ia diajak untuk seleksi masuk sekolah Ajax dan lolos setelah mengalahkan ratusan anak anak lainnya dari seluruh dunia. Ia pun kini tengah merasakan bermain di klub junior Ajax yang dikenal sebagai tim junior atau sekolah sepakbola terbaik di dunia karena telah melahirkan banyak pemain berbakat seperti Van Der Sar, Seedorf, Van Basten dan lainnya.
Posisi nya Striker.

12. Ferdinand Katipana.

Pemain kelahiran Amersfoort 26 tahun silam ini sebelum bergabung bersama Haarlem, sempat bergabung di tim Utrecht Junior dan Cambur Leeuwarden.

13. Radja Nainggolan

 

Pemain ini yang seharusnya membela Timnas. Karena kemampuannya tidak dapat diragukan lagi. Bermain untuk tim sekelas Cagliari merupakan catatan klub elite eropa. Pemain yang satu ini juga menjadi salah satu sorotan saia setiap menonton liga seri-A Italy, khususnya bila Cagliari yang bermain, karena di akhir-akhir musim kemarin ia bermain secara reguler. Hanya sangat disayangkan, kendati berdarah Indonesia, Radja Nainggolan saat ini tercatat sebagai pemain internasional U-21 Belgia. Bila bermain untuk Timnas Indonesia, maka Merah-Putih akan mendapat satu pemain berbakat yang tampil di liga elit dunia.



Sepertinya bila semua pemain keturunan Indonesia tersebut dapat bermain mengenakan seragam merah putih, untuk berjaya di ajang Asia Tenggara, yang hingga saat ini saja selalu susah payah dan bukan rencana yang muluk-muluk jika ingin tampil di Piala Dunia. Bagaimana Bapak-bapak yang duduk di kepengurusan PSSI??

0 komentar:

Post a Comment

free counters